Wednesday 12 February 2014

Patirupaka Shwedagon Pagoda

http://buddhist-images.blogspot.com/
Patirupaka Shwedagon Pagoda tampak megah dari depan.

Posting Buddhist Images kali ini akan membahas tentang Patirupaka Shwedagon Pagoda. Pagoda ini adalah replika dari Shwedagon Pagoda di Myanmar. Bagi Anda yang pernah ke Myanmar pasti mengenal bahwa Myanmar adalah negara dengan julukan negeri 1000 pagoda. Hal itu tidak luput dari banyaknya pagoda yang dibangun di negara tersebut.
Kini, di Indonesia juga ada satu wilayah yang memiliki replika dari salah satu pagoda yang paling terkenal di Myanmar, yaitu Shwedagon Pagoda. Replika ini diberi nama sebagai Patirupaka Shwedagon Pagoda. Anda bisa menjumpai bangunan ini jika sedang singgah di daerah Batu, Jawa Timur.

Pemrakarsa pembangunan Patirupaka Shwedagon Pagoda ini adalah Y.M. Bhikkhu Khantidharo Mahathera. Beliau adalah kepala Vihara Padepokan Dhammadipa Arama. Terinspirasi dari pengalaman beliau yang pernah tinggal di Myanmar selama lima tahun, akhirnya beliau mencetuskan keinginannya untuk membangun sebuah replika pagoda di Indonesia. Menurut Bhikkhu Khantidharo, Patirupaka Shwedagon pagoda ini dibangun dengan skala seperenambelas dari bangunan aslinya.

Berikut foto-foto Patirupaka Shwedagon Pagoda yang bisa Anda nikmati keindahannya.

http://buddhist-images.blogspot.com/
Keindahan Patirupaka Shwedagon Pagoda di pagi hari tampak dari samping.


http://buddhist-images.blogspot.com/
Para samanera (calon bhikkhu) sedang di foto dengan latar belakang Patirupaka Shwedagon Pagoda.
http://buddhist-images.blogspot.com
Patirupaka Shwedagon Pagoda tampak indah.

http://buddhist-images.blogspot.com/
Para bhikkhu dan atthasilani berfoto di depan Patirupaka Shwedagon Pagoda sesaat setelah upacara penahbisan atthasilani di Padepokan Dhammadipa Arama Batu.




Banguan Patirupaka Shwedagon Pagoda ini juga sering digunakan sebagai tempat melaksanakan ritual keagamaan oleh Umat Buddha. Biasanya tempat ini merupakan pusat kegiatan ritual ketika peringatan detik-detik Waisak. Umat Buddha dari berbagai daerah sering kali datang untuk bersama-sama melaksanakan ritual peringatan detik-detik Waisak di sini.

http://buddhist-images.blogspot.com/
Cetiya peringatan detik-detik Waisak.

http://buddhist-images.blogspot.com/
Bhikkhu Khantidharo Mahathera (paling depan) memimpin ritual peringata detik-detik Waisak.

No comments:

Post a Comment