Tuesday 15 July 2014

Gambar Ucapan Selamat Asadha Puja/ Asalha Puja

Asalha Puja
Khotbah Dhammacakkappavatana Sutta

Selamat Hari Raya Asalha 2558 Era Buddhis. Pada kesempatan kali ini, buddhist-images akan memposting tentang gambar-gambar yang dapat digunakan sebagai kartu ucapan Hari Asalha. Sebagaimana kita ketahui, sebagai umat Buddha kita memiliki empat hari besar. Salah satunya hari Asalha.


Hari Raya Asalha Puja ini adalah salah satu hari besar yang biasanya dirayakan oleh umat Buddha. Baik di negara-negara Buddhis maupun bukan, setiap umat Buddha pasti menyelenggarakan perayaan Asalha Puja ini. Tujuannya adalah untuk mengenang peristiwa penting yang terjadi pada masa hidup Buddha Gotama.

Peringatan Asalha Puja juga biasa disebut sebagai hari peringatan Dhamma. Karena pada hari itu, Buddha membabarkan Dhamma untuk yang pertama kalinya. Khotbah Buddha yang pertama ini disebut sebagai Dhammacakkappavatana Sutta.

Selamat Asalha Puja 2558 B.E./2014
Selamat Asalha Puja 2558 B.E./2014

Khotbah tersebut disampaikan kepada lima orang petapa. Kelima petapa itu adalah Kondanna, Badhiya, Vappa, Asajji, dan Mahanama. Yang mana mereka adalah petapa yang menemani Petapa Gotama ketika melakukan praktik menyiksa diri di Hutan Uruvela.

Saat Petapa Gotama sadar bahwa praktik menyiksa diri tidak membawa manfaat, maka Beliau memutuskan untuk mempraktikkan Jalan Tengah. Melihat Petapa Gotama tidak lagi menyiksa diri, maka kelima petapa tersebut meninggalkan Petapa Gotama. Namun demikian, setelah pencaaian penerangan sempurna, Buddha kembali mengunjungi kelima petapa tersebut dan kemudian membabarkan khotbah pertama kepada mereka.

Sebagai umat Buddha, sangat patut untuk memperingati Asalha Puja tersebut. Peristiwa yang terjadi di bulan Asalha tersebut adalah langkah penting bagi perkembangan Buddhasasana. Karena dari sinilah ajaran Buddha mulai berkembang ke segenap penjuru dunia.

Happy Asalha Day
Happy Asalha Day


Asalha Puja pada tahun 2014 ini adalah Asalha Puja yang ke 2558 Era Buddhis. Umat Buddha biasanya berkumpul di satu vihara untuk memperingati hari bersejarah ini. Setelah acara ritual puja bakti, meditasi, dan dhammadesana, umat Buddha selalu mengucapkan selamat hari Asalha Puja sebagai bentuk ungkapan suka cita kepada teman, sahabat, dan keluarga.








No comments:

Post a Comment