Wednesday 5 March 2014

Berbagai Bentuk Patung Buddha

Patung Buddha
Bagi pemeluk agama Buddha, kata Buddha tentu tidak asing lagi. Buddha adalah gelar bagi seseorang yang telah mencapai penerangan sempurna. Hal itu lebih mengacu pada sammasambuddha. Buddha memiliki cinta kasih dan kasih sayang kepada semua makhluk.  beliau membabarkan ajaran mulia untuk menunjukkan jalan kebahagiaan kepada semua makhluk.

Untuk mengenang sosok Buddha, pada perkembangan selanjutnya dibuatlah patung Buddha. Tujuannya adalah agar umat Buddha mampu merenungkan kebajikan-kebajikan yang dilakukan oleh Buddha. Adalah suatu hal yang salah jika seorang umat Buddha menggunakan patung Buddha sebagai sarana memohon sesuatu.


Jika ada umat Buddha yang masih memohon-mohon sesuatu kepada patung Buddha, sesungguhnya ia tidak mempraktikkan ajaran Buddha dengan benar. Buddha sendiri melarang pemujaan yang berlebihan kepada sosok pribadi Beliau. Buddha pernah bersabda, dengan melaksanakan Dhamma sesuai dengan yang dibabarkan oleh Buddha, hal itu merupakan bentuk penghormatan yang tertinggi.

Di beberapa negara Buddhis, patung Buddha memiliki berbagai bentuk dan gaya pembuatan. Hal ini tidak lepas dari kebudayaan yang berkembang di daerah masing-masing. Berikut ini gambar berbagai bentuk patung Buddha yang ada di beberapa negara.

http://buddhist-images.blogspot.com/
Patung Buddha di Thailand cenderung ramping dan runcing di ujung kepala.

Patung Buddha di Myanmar biasanya dicat dengan
warna putih di bagian tubuh dengan jubah berwarna emas.

Patung Buddha di China biasanya dibuat dengan badan yang besar.

Patung Buddha di Indonesia memiliki gaya yang cukup khas.
Seperti yang ada di Borobudur.

No comments:

Post a Comment